WARTA 24 KALIMANTAN BARAT

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Program P&G Childrens Safe Drinking Water Menandai Pencapaian ...

Posted by On 19.59

Program P&G Childrens Safe Drinking Water Menandai Pencapaian ...

Program P&G Childrens Safe Drinking Water Menandai Pencapaian 13 Miliar Liter Air Bersih Secara Global

Oleh : Candra Mata | Kamis, 14 Desember 2017 - 09:42 WIB

P&G Childrens save drinking water
P&G Childrens save drinking water

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Procter & Gamble (P&G) mengumumkan hingga kini telah menyediakan 13 miliar liter air bersih layak konsumsi melalui program bantuan kemanusiaan-nya yang bertajuk Childrens Safe Drinking Water (CSDW).

Program yang pertama kali digelar pada tahun 2004 dan melibatkan lebih dari 150 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) rekanan ini bertujuan untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap air bersih di lebih dari 90 negara di dunia, termasuk Indonesia.

< p>P&G dan LSM rekanan dengan memberikan paket P&G Purifier of Water secara cuma-cuma guna membantu menghadirkan akses yang lebih baik terhadap air bersih, kesehatan, pendidikan dan peluang ekonomi.

"Air adalah sumber kehidupan, namun di era yang serba maju ini, beberapa orang masih mengalami kesulitan mendapatkan akses terhadap air bersih. Ibu rumah tangga dan anak-anak perempuan di beberapa daerah bahkan mengemban tanggung jawab untuk mencari air bagi keluarga mereka, tak jarang mereka harus berjalan jauh hanya untuk mendapatkan pasokan air bersih. Tentunya, dibutuhkan kontribusi serta upaya nyata bersama untuk hadirkan pasokan air bersih yang berkelanjutan dan efisien bagi seluruh masyarakat, khususnya bagi anak-anak," ujar Bridgette Thorold, Country Director ChildFund Indonesia.

Di Indonesia, program CSDW pertama kali dijalankan tahun 2004 ketika Aceh dilanda bencana tsunami dan telah membantu puluhan ribu keluarga di seluruh Indonesia yang menjadi korban bencana alam seperti gempa bumi di Padang dan Yogyakarta, banjir di Jakarta, letusan gunung berapi di Jawa Tengah dan sebagainya. Pada awal tahun 2017, P&G Indonesia membantu lebih dari 3.000 keluarga di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat dengan menyediakan 22 juta liter air bersih. Bekerjasama dengan ChildFund International, sejak tahun 2015, P&G Indonesia mengukuhkan komitmennya menyediakan 65 juta liter air bersih selama periode tiga tahun bagi lebih dari 8.000 keluarga di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk menandai pencapaian 13 miliar liter air bersih, sebuah keluarga di Malaka, NTT, Indonesia yang menjadi bagian dari komunitas binaan ChildFund membagi kisah mengenai bagaimana paket P&G Purifier of Water telah membantu mengubah hidup mereka sejak 2015. Benyamin (kepala keluarga, petani), Emirensiana (ibu rumah tangga) dan lima orang anaknya: Febrianis (18 tahun), Oktavianus (16 tahun), Helena (15 tahun), Mateus (12 tahun) dan Maria (4 tahun) memiliki ha rapan dapat memiliki kehidupan yang lebih baik. Menetap di NTT, mereka harus menghadapi kondisi yang tak mudah karena air yang mereka dapatkan dari sumber terdekat belum tentu layak untuk dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu. Mereka pun harus menyediakan sejumlah uang untuk menyewa mobil untuk mendapatkan kayu bakar yang hanya tersedia di wilayah yang jaraknya jauh dari rumah mereka.

"Dulu, setiap harinya, anak-anak tertua kami membantu mengambil air di sumur yang jaraknya 30 menit dari rumah. Mereka menggunakan gerobak untuk mengangkut kaleng-kaleng air. Karena saya harus bekerja di kebun setiap harinya dan istri mengerjakan perkerjaan rumah, terkadang anak-anak tertua kami juga membantu menjaga adiknya yang paling kecil, Maria. Maria biasanya ikut diangkut menggunakan gerobak ketika kakak-kakaknya mengambil air. Setelah mengambil air, anak-anak membantu memotong kayu bakar dan memasak air, semua ini sangat menyita waktu," Benyamin menjelaskan.

Melalui p rogram P&G CSDW, P&G Indonesia menyediakan teknologi pemurnian air dalam bentuk bubuk yang disebut P&G Purifier of Water yang tercipta melalui kerjasama antara Pusat Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Amerika Serikat (US Centers for Disease Control and Prevention) dan para ilmuwan P&G.

Inovasi ini menerapkan penelitian P&G yang digunakan untuk menghasilkan deterjen sehingga menghadirkan teknologi pabrik pengelolaan air dalam bentuk sachet berukuran 4 gram. Hanya dengan satu ember, sendok, kain dan sebuah paket P&G Purifier of Water, masyarakat dapat memurnikan 10 liter air terkontaminasi yang berpotensi membahayakan kesehatan dalam waktu 30 menit, guna memenuhi kebutuhan air keluarga untuk 1 hari.

Emirensiana turut berbagi kisah mengenai peningkatan yang terjadi dalam kehidupan keluarganya setelah menggunakan paket P&G Purifier of Water.

"Sekarang, saya dan Helena dapat menghabiskan waktu bersama untuk berbincang dan berdisku si mengenai banyak hal. Anak-anak kami yang lain kini juga memiliki waktu lebih untuk belajar, bermain, berolah raga serta berkumpul dengan teman-temannya. Uang yang biasanya digunakan untuk membeli kayu bakar kini kami gunakan untuk membayar uang sekolah anak-anak. Yang terpenting, sejak mengonsumsi air yang telah dimurnikan, keluarga kami semakin jarang sakit perut," ujarnya.

"Di P&G, kami percaya bahwa Kekuatan Air Bersih dapat membantu menciptakan kesehatan, pendidikan dan kesempatan ekonomi yang lebih baik. Sebagai salah satu produsen Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terdepan yang menghadirkan beragam produk inovatif seperti Pantene, Head & Shoulders, Rejoice, Gillette, Pampers, dan Downy, P&G berkomitmen untuk membantu mereka yang membutuhkan air bersih layak konsumsi demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Kami bangga dapat berbagi teknologi pemurnian air P&G untuk membantu mengubah kehidupan jutaan orang di seluruh dunia, term asuk Benyamin, Emirensiana dan anak-anaknya, menjadi lebih baik," ucap Madhusudan Gopalan, Presiden Direktur PT. Procter & Gamble Home Products Indonesia.

Baca Juga

Lukisan Emas Bisa Menjadi Potensi Investasi
Karya Seni Lukis Sebagai Investasi Menguntungkan
Pameran Warisan Ajang Perkenalkan Kerajinan Batik, Tenun dan Mutiara…
Presiden Jokowi Manortor pada Pesta Pernikahan Kahiyang-Bobby
Presiden Jokowi Jalani Prosesi Adat Batak Mandailing

Industri Hari Ini

Menikmati Suasana Tahun Baru di Marina Bay, Singapura

Kamis, 14 Desember 2017 - 10:40 WIB

Sambut Libur Natal dan Tahun Baru, Singapura Punya Banyak Atraksi yang Seru

Memasuki akhir tahun, banyak sekali wisatawan yang ingin berlibur menghabiskan waktu untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata. Nah, jika Anda ingin berlibur di bulan Desember ini, serangakain…

Bank Pembangunan Asia/ADB (Foto ist)

Kamis, 14 Desember 2017 - 10:00 WIB

ADB Dukung Bisnis Inklusif di Indonesia

Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) mendukung bisnis inklusif di Indonesia melalui investasi untuk sektor swasta dan riset.

Grand Final IWIC 11

Kamis, 14 Desember 2017 - 09:15 WIB

Indosat Ooredoo Hadirkan Inovasi Digital Baru Lewat Talenta Muda Indonesia di IWIC 11

Indosat Ooredoo, kembali menghadirkan inovasi-inovasi digital baru yang diciptakan oleh para talenta muda Indonesia melalui ajang Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest ke-11 (IWIC 11).…

Ilustrasi Nasabah Sedang Lakukan Tarik Tunai Melalui Mesin ATM

Kamis, 14 Desember 2017 - 09:00 WIB

Transaksi Nontunai Sepanjang Triwulan III Capai Rp525, 766 Miliar

Penggunaan non tunai mulai kartu kredit, kartu ATM dan/atau kartu debit terus meningkat atau hingga triwulan III 2017 nilai transaksinya secara nasional mencapai Rp525,766 miliar.

BLOCKTECH sebagai perusahaan teknologi Blockchain terkemuka di Indonesia mencoba memperkenalkan apa itu Blockchain dan ICO

Kamis, 14 Desember 2017 - 08:00 WIB

2018, Blockchain Diprediksi Akan Merubah Bentuk Bisnis Digital

Blockchain bersama dengan kepintaran buatan, mesin pembelajaran, robotik, dan teknologi augmented reality, memiliki potensi untuk mengganggu dan mengubah bentuk bisnis digital pada tahun 2018

selengkapnya

Industri Populer

1
Instansi Pemerintah Dilarang Rekrut Tenaga Honorer Lagi
2
JICA Kucurkan Rp 1 Triliun ke IIF untuk Pembangunan Infrastruktur RI
3
Jababeka Pecahkan Rekor Harga, Jual Properti Rp28 Juta/m2 Sold Out Dibanding Apartemen Rp8-12 juta/m2 di Cikarang
4
Apartemen 'High End' di Cikarang Semakin Diminati
5
Harbolnas 2017: Hari Ini 250 e-commerce Tawarkan Diskon Hingga 95 %
6
Indovision Berganti Nama Jadi MNC Vision
7
Pupuk Indonesia Akan Tingkatkan Kapasitas Produksi Pupuk NPK 3,4 Juta Ton Hingga 2021
8
Ciptakan SDM Kompeten, Komatsu Indonesia Rangkul 35 SMK di Pulau Jawa
9
Hisense Siap Mendunia dengan Jadi Sponsor Piala Dunia 2018
10
Pertamina Siap Berkontribusi Penuhi Target EBT 2025

Magazine

Industri Fintech Bangkitkan Ekonomi Rakyat

Majalah Industry

November 2017
Subscribe Scoop Logo

LOWONGAN KERJA

OPINI

Hendra Triana
Digitalisasi Sistim Pembelajaran di Perguruan Tinggi Indonesia dengan Optimalisasi Infrastuktur ICT & LMS
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Jenderal TNI Gatot Nurmanty   o (Foto Dok Industry.co.id)
Terima Kasih Jenderal Gatot, Selamat Bertugas Marsekal Hadi
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (Foto Ist)
Salut Hormat Untuk Jenderal Gatot Nurmantyo
Dar Edi Yoga Pimpinan Perusahaan Kantor Berita Politik RMOL (foto Dok Industry.coid)
Kampanye Pilkada 2018 Sudah Dimulai
Tung Desem Waringin (Foto Dok Industry.co.id)
Kecerdasan Keuangan
Sumber: Google News | Warta 24 Melawi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »